Boston, AS: Youth Lead the Change: Partisipasi Pengelolaan Anggaran Boston

13 may 2016

 

Short List Initiative pada Guangzhou International Award 2014

Walikota Boston berpikir bagaimana cara untuk memberdayakan pemuda berusia 15-25 tahun untuk berpasrtisipasi aktif dalam urusan pemerintahan mereka. Inisiatif yang dilakukannya yaitu membuat  sebuah proses penganggaran partisipatif, melibatkan pemuda untuk mengumpulkan ide-ide untuk program kota, menyusunnya ke dalam proposal, dan kemudian melakukan voting untuk menentukan proposal program yang berhak mendapat dana $ 1 juta. Tujuan dari inovasi ini adalah untuk memberi pemahaman kepada pemuda tentang pembangunan kota dan proses penganggaran, serta menciptakan jiwa kepemimpinan dan skill profesional. Boston menjadi kota Amerika pertama di mana pemuda telah diberdayakan untuk mengambil keputusan atas besaran anggaran kota mereka. Lebih dari 450 ide yang dihasilkan, lebih dari 1.500 anak muda memberikan suara, 14 program dipilih untuk kemudian dilakukan pemungutan suara,  dan 7 program akhirnya dipilih oleh para pemuda sebagai pemenang untuk diimplementasikan.

Latar Belakang

Walikota Boston ingin memberdayakan pemuda untuk menjadi pemimpin di masyarakat. Untuk mendukung hal ini, pemerintah memberikan anggaran khusus untuk program yang beri nama Youth Lead the Change (YLC) sebagai salah satu program pemerintah kota. Melalui penganggaran program ini, para pemuda memiliki kesempatan untuk mengumpulkan ide untuk program kerja pemerintah, menyeleksi ide-ide tersebut ke dalam proposal, dan kemudian melakukan voting untuk menentukan proposal program yang berhak mendapat dana $ 1 juta demi kemajuan dan kepentingan masyarakat Boston.

Tujuan dari inisiatif 

Tujuan dari program ini adalah untuk:

· Membantu memastikan bahwa rencana pembangunan kota mencerminkan prioritas, kepentingan dan semangat pemuda Boston.

· Mengajarkan pemuda tentang proses pembangunan kota dan penganggaran proses memberikan edukasi seputar penggunaan metode inovatif crowdsourcing.

· Terlibat sebagai pemimpin masa depan dalam mengembangkan dan merencanakan infrastruktur kota Boston, mensejahterakan masyarakat, dan meningkatkan kesadaran masyarakat.

· Melibatkan berbagai masyarakat seperti pemuda tunawisma, pemuda putus sekolah, mereka yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah atau dengan hambatan sosial-ekonomi.

· Meningkatkan kemitraan antara Kota Boston dan lembaga kepemudaan.

Hasil dan Penilaian

· Keterlibatan Masyarakat dan Pemerintahan yang Terbuka: Lebih dari 1.500 anak muda memberikan suara. Bagi pemuda ini merupakan kali pertama mereka terlibat dalam proses pemungutan suara.

· Proses Masyarakat, Pembangunan Ekonomi dan Kontribusi terhadap Perencanaan Kota: Edukasi tentang proses anggaran kota dan semua modal perencanaan berlangsung saat pengumpulan ide. Selama proses tersebut kami melihat lebih dari 450 ide yang dihasilkan untuk pengembangan Boston. Program yang dianggap kurang sesuai untuk dieksekusi melalui proses ini diteruskan ke berbagai departemen kota agar dipertimbangkan untuk program-program dan perencanaan masa depan.

· Investasi Pemuda di Bidang Lingkungan dan Infrastruktur Kota: YLC mendorong warga untuk meninjau lingkungan mereka dan mempertimbangkan program-program  berdasarkan kebutuhan, kelayakan, dan keberlanjutan. Program yang dirancang untuk pengembangan masyarakat, keselamatan publik, lingkungan dan sekolah.

· Mengurangi Hambatan untuk berpartisipasi: Bahan yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing sesring mungkin, dan pengumpulan ide dilakukan ditempat yang mudah diakses. Wilayah sasaran termasuk pemuda dengan kondisi khusus terlayani dengan baik. Pengumpulkan ide secara online digunakan untuk sebagai alternatif bagi orang-orang yang tidak dapat menghadiri forum.

· Peserta diberikan kesadaran yang lebih luas dari kebutuhan di lingkungan lain di seluruh Kota dan pemahaman yang lebih baik dari proses pemerintahan dan demokrasi secara umum. Banyak peserta melaporkan memperoleh keterampilan khusus termasuk kepemimpinan, kerja sama tim, jaringan, komunikasi dan profesionalisme. Banyak peserta juga mengungkapkan perasaannya bahwa suara mereka telah benar-benar terdengar.

Kekuatan dari inisiatif dan inovasi 

YLC telah menciptakan jalur yang inovatif bagi kaum muda untuk terlibat dengan Pemerintah Kota Boston. Program yang diluncurkan akhir tahun ini menjadikan pemuda sebagai kekuatan pendorong di belakang yang tidak hanya mensukseskan program, tetapi mereka juga sebagai motor penggerak. Melalui survei dan fokus group dengan Dewan Pemuda Walikota, pemimpin kota mampu memahami keinginan pemuda untuk berkontribusi pada keputusan yang dibuat berdasarkan ide mereka dan juga memahami kekuatan pemuda yang dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan secara nyata.

Program ini dimulai dengan pembentukan komite pengarah yang terdiri dari orang-orang muda yang terhubung ke organisasi pelayanan pemuda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pemuda di komite pengarah didukung juga oleh orang dewasa. Setelah aturan ditulis, anggota komite pengarah mulai memfasilitasi forum pengumpulan ide. Nantinya ide-ide dikumpulkan secara pribadi dalam platform online, dimana pemuda dan warga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pemerintah daerah dengan cara yang positif menuju perubahan yang nyata.

Agen perubahan diterapkan untuk melayani untuk mengubah ide menjadi program-program yang berdasarkan kebutuhan masyarakat, kelayakan program dan dampak program di masyarakat. Agen perubahan ini bekerjasama dengan departemen kota untuk menyetujui proposal. Sepanjang proses ini, agen perubahan muda memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dan belajar dengan orang dewasa dalam kepemimpinan kota.

Setelah program dibuat untuk pemungutan suara, hanya orang-orang muda yang bisa memutuskan bagaimana anggaran akan dibelanjakan. 14 program dibuat dalam YLC pertama i, dan hanya 7 program yang dipilih sebagai pemenang. Program-program tersebut nantinya akan diimplementasikan. Proses semacam ini merupakan sesuatu yang konkret, dimana pemuda  diberdayakan untuk terlibat dalam masyarakat dan menunjukkan bahwa mereka dapat menjadi agen perubahan yang nyata dalam lingkungan mereka. Tujuannya adalah bahwa inisiatif ini dapat menunjukkan keterlibatan masyarakat, perubahan perilaku sosial, meningkatkan kepercayaan dan komunikasi antara pemuda dan pemerintah daerah dan mengedukasi pemuda tentang proses penganggaran yang demokratis.

Sumber: Guangzhou International Award

From Twitter