Rembug Nasional Pendidikan dan Kebudayaan

23 february 2016

YIPD Indonesia berkesempatan hadir dalam acara Pameran Pendidikan dan Kebudayaan Rembug Nasional yang berlangsung pada 21-23 Februari 2016. Acara yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini diselenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemendikbud di Sawangan Depok. 

Ada beberapa catatan yang didapat dari rilis seminar yang merupakan salah satu rangkaian mata acara RNPK selain pameran pendidikan dan kebudayaan. Beberapa pembicara dalam pleno itu antara lain adalah: Handry Satriago (CEO General Electric), Ade Irawan (Peneliti ICW), Abdul Malik Gismar (Senior Advisor for Knowledge and Resource Center), dan Rene Suhardono (Indonesia Mengajar)

Handry Satriago Mengajak Peserta RNPK 2016 untuk Menjawab Tantangan Persaingan Dunia

Handry Satriago  sebagai pembicara hari kedua rangkaian kegiatan RNPK 2016 membahas Gerakan Revolusi Mental di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Hendry yang merupakan CEO General Electric dari Indonesia pertama yang merupakan hasil produk asli dari pendidikan di Indonesia, mengajak peserta untuk turut peka terhadap perubahan yang terjadi dalam dunia beberapa tahun terakhir.

Ia menuturkan bahwa perubahan cepat seperti ukuran handphone dan teknologi internet saat ini merupakan contoh perubahan yang tidak kita prediksikan sebelumya. Untuk menghadapi perubahan yang semakin dinamis ini, ada tiga tantangan yang harus kita hadapi. Diantaranya adalah ketidakpastian, globalisasi, dan ide.

Tantangan pertama adalah ketidakpastian perubahan. “Saat ini hampir seluruh perusahaan sudah menghilangkan dua value dalam perusahaannya, yaitu integritas dan kemampuan mengahdapi perubahan. Kedua value ini dihilangkan kerena saat ini keduanya sudah harus terinternalisasi di dalam diri kita masing-masing” ujarnya. Ia menambahkan bahwa kunci utama dalam menghadapi tantangan ketidakpastian saat ini adalah fleksibilitas dan adaptabilitas, kedua hal ini dapat diperoleh melalui proses belajar.

Kedua adalah globalisasi. Ia mengatakan bahwa saat ini negara di dunia sudah saling bergantung satu sama lain. Sebuah negara akan berdampak secara langsung terhadap kondisi negara lainnya. Semakin tinggi daya saing suatu negara akan berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Handry menegaskan bahwa Indikator utama untuk menciptakan daya saing yang tinggi adalah value, dan value dihasilkan dari proses berpikir kreatif. Ia memberikan contoh bahwa negara dengan daya saing nomer satu di dunia, yaitu Swiss dengan produk utama jam tangan yang bernilai tinggi.

Tantangan Ketiga adalah persaingan ide. Saat ini peringkat perusahaan-perusahan terbaik di dunia mayoritas diisi oleh perusahaan yang menjual ide. Ia mengatakan banyaknya fenomena alat transportasi online saat ini merupakan salah satu contoh bagaimana proses persaingan ide memenangkan persaingan di dunia bisnis saat ini.

Ketiga tantangan tersebut tentu tidak datang dengan sendirinya. Ia menegaskan bahwa ketiganya datang melalui proses pembelajaran dan rutinitas baru yang kita lakukan. Proses keinginan untuk maju yang kuat tentu dibutuhkan daya juang yang kuat.

Ade Irawan: Pemberatasan Praktik Korupsi dimulai dari Diri Sendiri

Ade Irawan berbagi mengenai Strategi Pencegahan Penyimpangan dalam Pengelolaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Pengetahuan tentang korupsi ini merupakan hal yang baru diadakan dalam RNPK tahun ini sebagai bagian dari upaya pelibatan publik sebagai tema utama yang diusung.

Ade menuturkan bahwa bidang pendidikan dan kebudayaan merupakan salah satu sumber yang ‘’merugikan’’ negara dalam jumlah yang cukup besar. Pelibatan publik dalam penyusunan anggaran dan transparansi diharapkan dapat menjadi kunci dalam pencegahan praktek korupsi di bidang pendidikan dan kebudayaan. Pelibatan publik dapat diwujudkan dengan menggunakan pendekatan e-budgeting serta pengadaan kegiatan penyusunan anggaran di tempat yang mudah diakses oleh masyarakat. Dengan begitu diharapkan masyarakat dapat turut terlibat dan berpartisipasi aktif untuk mengawasi anggaran.

Perencanaan, pengaturan spesifikasi untuk diarahkan ke perusahaan tertentu, dan proyek yang sengaja diarahkan ke daerah tertentu menurutnya merupakan praktik yang paling banyak terjadi di dunia pendidikan dan kebudayaan. “Agar praktik korupsi ini tidak terus terulang harus dimulai dari diri kita sendiri, berani untuk berkata tidak dan berusaha untuk mewujudkan tata kelola yang baik. Jangan sampai pendidikan justru melahirkan generasi-generasi korup di Indonesia, karena sejatinya negara bukan hanya kehilangan uang dari praktik korupsi, tapi juga menghilangkan hak anak-anak Indonesia untuk mendapat pendidikan yang layak’’, paparnya.

Abdul Malik Gismar menjelaskan materi tentang Strategi Penguatan Sinergitas Pelaksanaan Urusan dan Kewenangan Pusat dan Daerah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam paparannya Abdul Malik Gismar menjelaskan bahwa penggunaan data sangat penting untuk digunakan sebagai landasan pembuat kebijakan. Karena di balik data pasti akan terungkap masalah yang terjadi secara nyata di lapangan.

Rene Suhardono  dalam paparannya mengenai Membangun Daya Imajinasi, Kreativitas, dan Kualitas Sumber Daya Manusia dengan Cara Membaca. Rene mengajak peserta untuk peka terhadap perubahan yang sangat cepat. Menurutnya perubahan yang sangat cepat ini menjadi tantangan untuk menghadapi masa depan. Seluruh informasi dapat dengan mudah diakses oleh generasi muda, oleh karena itu peran guru saat ini sudah bergeser bukan lagi menjadi sumber informasi, melainkan sumber inspirasi.

Guru adalah murid, murid adalah guru. Keduanya saling membutuhkan satu sama lain sehingga membentuk ekosistem pendidikan dan kebudayaan. Belajar merupakan tanggung jawab individu, tanggung jawab individu ini yang akan kita perkuat. Bagaimana anak kemudian merasa senang untuk datang ke sekolah setiap hari, bukan hanya sekadar tempat menimba ilmu.


Pameran Program Inovasi Andalan Kemendikbud

1. Portal Kemdikbud
Portal Kemdikbud merupakan portal yang berisi  informasi mengenai Beasiswa Unggulan, Darmasiswa, Glosarium Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Layanan Informasi, Pengaduan dan Saran, Mobile Edukasi, Nomor Induk Siswa Nasional, Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Perizinan dan Penyetaraan Ijazah, Perpustakaan, Radio Edukasi, Radio Suara Edukasi, Rumah Belajar, Sekolah Dasar, Televisi Edukasi dan Ujian Nasional. Portal Kemdikbud tersebut dapat diakses melalui http://www.kemdikbud.go.id

2. Neraca Pendidikan Daerah
Neraca Pendidikan Daerah merupakan gambaran mutakhir pendidikan disuatu daerah dengan melihat besaran anggaran pendidikan di daerah dengan kondisi  ketercapaian pendidikan didaerah tersebut. Neraca Pendidikan Daerah dapat diakses melalui http://www.npd.data.kemdikbud.go.id

3. Jendela Pendidikan Kebudayaan
Jendela Pendidikan Kebudayaan untuk melihat pendidikan dari beberapa aspek dan sudut pandang baik itu mengenai potret pendidikan, program pembangunan dan sosial budaya serta bahasa. Jendela Pendidikan Kebudayaan dapat diakses melalui http://www.jendela.data.kemdikbud.go.id

4. Sekolah Kita
Sekolah kita dibuat untuk membantu orang tua mencari sekolah anaknya. Baik didaerah sendiri dan daerah lainnya. Informasi sekolah meliputi profil sekolah, foto sekolah, jumlah siswa dan guru, sarana prasarana, lokasi sekolah dan kualitas sekolah seperti akreditasi dan nilai UN. Sekolah kita dapat diaskes melalui http://www.sekolah.data.kemdikbud.go.id

5. Statistik Pendidikan
Statistik Pendidikan merupakan publikasi hasil pengumpulan data dari Dapodik yang terdiri dari beberapa variable utama dan disajikan dalam bentuk table yang berisi angka dan indikator.

6. Layanan Informasi, pengaduan dan Saran
Layanan ini merupakan layanan publik dimana masyarakat dapat meminta informasi, menyampaikan pengaduan, bertanya, berdialog, member saran dan masukan kepada Kementrian dan Kebudayaan.

SEAMEO BIOTROP
• Inovasi Pendidikan bidang pengolahan Pangan, Kesehatan

UNESCO
• Promosi dan Pengembangan /Riset mengenai warisan budaya

Intel
• Inovasi Pendidikan bidang teknologi kiomputer

Google
• Inovasi Teknologi guna menudukung proses belajar mengajar terutama untuk daerah terpencil
• Teknologi Pembelajaran Jarak jauh

Cikal
• Pameran /Info mengenai Kursus /Pelatihan Guru, yang berisi strategi mengelola kelas.

Inibudi.org
• Pameran Inovasi Pendidikan melalui inibudi.org yaitu inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital berupa video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di Indonesia. Inibudi melibatkan partisipasi masyarakat melalui program #GuruBerbudi, #TemanBelajar, dan #DukungBelajar. Semua video Inibudi dirancang oleh guru dan orang-orang yang kompeten di bidangnya, yang disesuaikan dengan tujuan dan materi kurikulum nasional. Inibudi juga berkomitmen menumbuhkan potensi siswa secara utuh lewat beragam video profesi dan karier serta berbagai video pengetahuan umum dan pengembangan pribadi.


From Twitter