Kota Semarang Raih BKN Award 2017

12 may 2017


Foto: bkn,go.id

Kota Semarang meraih BKN Award 2017 dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Penghargaan ini diraih Semarang sebagai Pengelola Kepegawaian Terbaik Tingkat Kabupaten/ Kota Tipe A.

Penghargaan BKN Award ini diserahkan Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto, dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian BKN 2017 di Jakarta Convention Center (JCC).

"Syukur Alhamdulilah. Penghargaan ini merupakan wujud nyata atas komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam pengelolaan Aparatur Sipil Negara yang profesional, berkinerja dan berkualitas tinggi," ujar Adi.

Ia pun berharap semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemerintah Kota Semarang untuk semakin meningkatkan kinerja, kreatifitas, serta memanfaatkan teknologi informasi khususnya dalam pelaksanaan pekerjaan maupun manajemen ASN di lingkungan Pemkot Semarang.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang, Bambang Sukono menjelaskan bahwa penghargaan BKN Award diperoleh setelah melalui proses panjang dengan penilaian sembilan variabel kriteria yang telah ditetapkan oleh BKN.

Sembilan variabel tersebut adalah: perencanaan formasi, pelayanan pengadaan, pelayanan kenaikan pangkat, pelayanan pensiun, implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), pemanfaatan CAT BKN, penilaian kompetensi, implementasi penilaian kinerja, dan  Komitmen Pengawasan dan Pengendalian.

‘’Dari sembilan indikator tersebut, Pemkot telah melaksanakan seluruhnya, namun yang paling menonjol adalah implementasi penilaian kinerja dengan membangun sistem online yang bernama e-kinerja,” ujar Bambang.

Pada tahun ini BKN memberikan penghargaan kepada lima instansi terbaik yang dibagi ke dalam 7 (tujuh) kelompok kategori, yaitu, pertama, Kementerian Besar (Jumlah PNS >19.000), kedua, Kementerian Kecil (Jumlah PNS <19.000), ketiga, Lembaga non Kementerian, lalu keempat, Pemerintah Provinsi. Kemudian kelima, pemerintah kabupaten/kota (Tipe A), enam, pemerintah kabupaten/kota (Tipe B) dan terakhir pemerintah kabupaten/kota (Tipe C).

Sumber: Detik, Sindonews, Tribun Jateng

From Twitter