DKI Terima Dua Anugerah Pangripta Nusantara

27 april 2017


Foto: Instagram Setkab

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan dua penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2017 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Dua penghargaan tersebut adalah: Terbaik Kedua Kategori Provinsi dengan Perencanaan Terbaik, dan Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan.

Penghargaan diberikan bertepatan dengan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nasional hari ini yang dihadiri oleh para kepala daerah seluruh Indonesia.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa penghargaan itu diberikan dalam rangka mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan.

"Semoga prestasi ini dapat memotivasi semua pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di daerah masing-masing," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro dalam Musrenbangnas 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan,

Sebelumnya pada penghargaan Bappenas pada 2016, DKI Jakarta memenangkan kedua kategori tersebut. Adapun di tahun ini, pada kategori 'Provinsi dengan Kategori Perencanaan Terbaik' dimenangkan oleh provinsi Yogyakarta dengan selisih kekalahan poin sebesar 0.02 dari total tiga slot juara.

Sementara itu penilaian dari Bappenas ini berdasarkan akumulasi dari tiga kriteria, yakni penilaian dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) provinsi, verifikasi proses penyusunan RKPD, serta proses presentasi dan wawancara.

Di kesempatan terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan penghargaan ini diterima karena DKI Jakarta mengedepankan pelayanan publik yang terintegrasi secara elektronik.

"Kita (DKI Jakarta) sudah terapkan e-budgeting, e-planning, e-musrenbang, sampai kita hubungkan juga dengan data di smart city," ujar Tuty di Balai Kota, Rabu (28/4).

Berikut ini adalah daftar para pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017:

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Perencanaan Terbaik
Terbaik I: Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Terbaik II: Provinsi DKI Jakarta
Terbaik III: Provinsi Sumatera Selatan

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik
Terbaik I: Kabupaten Tabanan
Terbaik II: Kabupaten Ende
Terbaik III: Kabupaten Sigi

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kota dengan Perencanaan Terbaik
Terbaik I: Kota Batu
Terbaik II: Kota Pekalongan
Terbaik III: Kota Tanjung Pinang

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan: DKI Jakarta

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten/Kota dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan: Kabupaten Muara Enim

Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan: Provinsi Sulawesi Tengah

Pemerintah juga secara khusus memberikan penghargaan kepada Provinsi Jawa Timur karena berhasil memberikan alternatif pembiayaan skema pemerintah dan badan usaha dalam menyediakan air minum.

Sumber: CNN Indonesia, Kompas, Detik

From Twitter